Sinergitas Penguatan Informasi Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Bencana

Dinas Sosial Prov. Kalbar mengadakan kegiatan yang mengundang beberapa instansi terkait guna membahas Sinergitas Penguatan Informasi Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Bencana di Hotel Gajah Mada, Rabu (30/9/2020)

Kepala Dinas Sosial Prov. Kalbar, Golda Marganda Purba SP., SH., MH mengatakan kegiatan ini bertujuan memperkuat sinergitas antara Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Daerah dalam Penanganan Bencana dan Pelayanan Masyarakat Kalbar.

“Intinya sinergitas antara Pemerintah Provinsi dan Daerah serta Kabupaten, semakin kuat sinergitas yang ada maka dalam melaksanakan tugas penanganan bencana dan juga pelayanan masyarakat yang ada di Kalbar akan dapat ditingkatkan,” ujarnya

Didalam kegiatan tersebut, dirinya juga membahas tentang persediaan beras sebanyak 100 ton yang sudah ditetapkan ditiap daerah pada tiap tahunnya.

“Setiap Daerah berhak menyalurkan Bantuan Beras Cadangan Pemerintah yang disimpan di Gudang Bulog di setiap daerah dalam penanganan bencana dan juga pelayanan masyarakat. Kalau habis maka akan ada bantuan beras cadangan pemerintah dari Pemprov sebanyak 200 ton.

Dirinya juga meminta pihak Bulog sebagai penyimpan cadangan beras untuk menyederhanakan mekanisme memberikan bantuan dilapangan bagi masyarakat yang terkena dampak bencana.

Mekanisme di Bulog sebagai penyimpan cadangan beras adalah meminta data by name by adress korban, sedangkan jika terjadi bencana itu bagaimana mau mendata. “ Jadi semestinya Bulog dapat menyederhanakan mekanisme yang ada, Saat administrasi kan bisa sambil mendata,” pintanya.

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *