Penancapan Tiang Pertama Pembangunan Pemukiman Sosial Dan Penyerahan Bantuan Jaminan Hidup (Jadup), Bibit Tanaman, Peralatan Kerja Dan Peralatan Rumah Tangga Bagi Warga Komunitas Adat Terpencil (KAT)

Pembangunan Pemukiman Sosial bagi Warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) merupakan bantuan stimulan berupa pembangunan Rumah Sederhana bagi Warga KAT, pemberian bantuan stimulan ini dimaksudkan sebagai stimululans (rangsangan) bagi warga KAT memlalui bantuan pembangunan rumah sederhana, layak huni dan sehat dalam rangka penguatan warga KAT untuk tetap tinggal di lokasi pemukiman baik ditempat asalnya maupun tempat baru. Selain itu, tujuan dari pembangunan rumah sederhana ini yaitu :

  • Tersedianya rumah yang layak huni bagi warga KAT
  • Terwujudnya suasana yang kondusif bagi peningkatan kualitas kehidupan warga KAT yang lebih nyaman, aman, dan sehat.
  • Terciptanya iklim / suasana yang kondisif bagi warga KAT untuk lebih mudah berinteraksi dengan masyarakat di luar lingkungannya.
  • Terwujudnya pengembangan pemukiman dasar warga KAT yang secara bertahap dapat menjangkau aksesibilitas pelayanan sosial dasar sehingga secara bertahap pula terlepas dari keterpencilan.

Pada tahun 2019, di Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan alokasi dana Tugas Pembantuan (Pemberdayaan KAT) Dinas Sosial Prov. Kalbar berupa pembangunan rumah sederhana (pemukiman baru) bagi warga KAT yang dilaksanakan sesuai rekomendasi hasil Studi Kelayakan tahun 2018 yang berlokasi di Dukuh Geriang Tapang Desa Nanga Mancur Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi, sebanyak 53 KK. Setelah melalui proses Perencanaan, tender dan penetapan pemenang tender, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan rumah sederhana. Sebelum memulai pembangunan, maka dilaksanakan doa bersama dan penancapan tiang pertama pembangunan rumah sederhana bagi warga KAT di Dukuh Geriang Tapang Desa Nanga mancur Kabupaten Melawi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2019  yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Prov. Kalbar, Kapolsek Sayan, Camat Sayan, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Prov. Kalbar, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Melawi, Kepala Desa Nanga Mancur, dan warga KAT penerima bantuan pemukiman sosial.

Foto bersama dengan warga KAT setelah penancapan tiang pertama pembangunan rumah sederhana

Setelah acara doa bersama dan penancapan tiang pertama pembangunan rumah sederhana, kemudian dilanjutkan dengan acara penyerahan bantuan Jaminan Hidup (Jadup), bibit tanaman, peralatan kerja dan peralatan rumah tangga. Tujuan pemberian Jadup yaitu ; 1) tersedianya kebutuhan pangan warga KAT yang berkesinambungan selama proses pemberdayaan sehingga kondisi dan ketahanan fisik dapat terjaga untuk beraktifitas sehari-hari, 2) terwujudnya rasa aman bagi warga KAT untuk mencukupi kebutuhan pangan anggota keluarganya sehingga mereka dapat terlibat aktif selama proses pemberdayaan berlangsung. Selain itu dengan pemberian Jadup selama periode waktu pemberdayaan diharapkan warga KAT dapat lebih fokus dalam mengikuti proses bimbingan mental, motivasi, dan kapasitas SDM lainnya.

Penyerahan bantuan Jadup dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2019 di Desa Nanga Mancur Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi.

Camat Sayan menyerahkan bantuan Jadup berupa beras kepada warga KAT sebagai penerima bantuan
Kepala Desa Nanga Mancur menyerahkan bantuan Jadup berupa Minyak goreng kepada warga KAT penerima bantuan

Selain bantuan Jadup, warga KAT juga menerima bantuan bibit tanaman, peralatan kerja dan peralatan rumah tangga. Pemberian bantuan ini bertujuan untuk ; 1) terwujudnya kemampuan warga KAT dalam kegiatan usaha ekonomi dan meningkatkan produktivitasnya, 2) terwujudnya kebiasaan dan cara-cara baru warga KAT dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, 3) terwujudnya kesadaran warga KAT untuk memanfaatkan lahan guna pemenuhan kebutuhan dasar. Bantuan bibit tanaman disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi lingkungan dan sesuai hasil musyawarah warga KAT. Pelaksanaan penyerahan bantuan ini bersamaan dengan pemberian jadup yaitu pada tanggal 30 Agustus 2019.

Ibu Kepala Dinas menyerahkan bantuan peralatan rumah tangga kepada warga KAT penerima bantuan
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Prov. Kalbar menyerahkan bantuan peralatan rumah tangga kepada warga KAT penerima bantuan
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kab. Melawi menyerahkan bantuan Bibit Tanaman Jeruk madu kepada warga KAT penerima bantuan

 

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *