Musyawarah Daerah IPSPI Kalbar, Dalam Rangka Pembentukan DPD IPSPI Kalbar Tahun 2021

Pertemuan Awal Pembentukan DPD IPSPI Kalimantan Barat dibuka Oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat yang dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial. Disamping itu dilaksanakan juga acara sambutan dari DPP SPSPI secara daring yang disampaikan oleh sekretaris DPP IPSPI.  Acara ini dihadiri sebanyak 25 Peserta langsung dan sebanyak pesera secara daring sebanyak 16 orang.

Kegiatan ini dimulai dengan mendengarkan Lagu Indonesia Raya dan Mars SPSPI, dilanjutkan dengan laporan Ketua penyelenggara yang berisi antara lain Dasar pelaksanaan, Tempat dan Waktu Kegiatan Pembentukan DPD IPSPI Kalimantan Barat Tahun 2021 bertempat di Aula Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya Sekretaris DPP IPSPI menyatakan, “Sebuah organisasi perlu menetapkan program-program yang akan dilakukan. Kelemahan dan masalah apa saja yang dihadapi, serta merumuskan langkah-langkah penyempurnaan bagaimana yang harus dilakukan untuk masa mendatang. Seiring dengan itu, organisasipun dituntut pula untuk selalu berupaya meningkatkan karya serta kemampuannya guna mengimbangi pesatnya perkembangan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat khususnya bagi kemajuan organisasi profesi pekerjaan sosial yang kita cintai dan kita banggakan. Seperti halnya dengan organisasi lainnya, Musyawarah Daerah ini merupakan agenda tertinggi dalam sebuah organisasi. Oleh karenanya kami memandang Musyawarah Daerah DPD IPSPI Provinsi Kalimantan Barat ini merupakan momentum yang sangat tepat dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas para pekerja sosial sebagai salah satu SDM penyelenggara kesejahteraan sosial yang berdampak meningkatnya pembangunan di wilayah provinsi kalimantan barat”.

Dalam kegiatan tersebut juga disosialisasikan UU 14 tahun 2019, Permensos No 14 Tahun 2020 dan Permensos 17 Tahun 2020 yang terkait langsung dengan eksitensi dengan Pekerja Sosial. Dalam laporan disebutkan juga bahwa untuk menjadi pekerja Sosial fungsional harus lulus Uji Kompetensi Pekerja sosial, dan sesuai dengan undang-undang No. 14 tahun 2019, bahwa untuk mengikuti Uji Kompetensi dan sertifikasi Pekerja sosial paling lambat dilaksanakan tahun 2021. (paling lama tiga tahun setelah di undangkan).  Peserta kegiatan ini  diikuti oleh 25 (Dua Puluh lima) orang peserta secara langsung dan mereka berlatar belakang pendidikan Pekerjaan Sosial/Sosiatri/Pengembangan Sosial, karena masih kondisi pandemi covid 19, Narasumber disampaikan oleh Pelaksana DPD IPSPI Kalbar.

Selanjutnya sebelum pemilihan pengurus DPD Kalimantan Barat, maka untuk menyamakan persepsi dilakukan sosialisai No 14 tahun 2019 tentang Pekerja Sosial, Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 14 tahun 2020 tanggal 26 November 2021 tentang Standar Praktek Pekerjaan Sosial, dan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 17 tanggal 4 Desember tahun 2020 tentang Registrasi dan Izin Praktik Pekerja Sosial.

Selanjutnya acara pembentukan susunan kepengurusan DPD IPSPI Kalimantan Barat. Kegiatan ini di Pilih dari peserta paling senior sebagai Pemimpin sidang dalam hal ini oleh Ibu Dra. Fursani, M.Si  didampingi Ibu Titik Purwani. A.Ks. dan peserta paling yunior yaitu oleh Umi Laila sebagai Notulen. Dalam pemilihan pengurus sebagai Ketua terpilih jatuh pada Haryanto, S.ST. M.Si.

Beberapa langkah awal yang akan dilakukan oleh DPD IPSPI Kalimantan Barat setelah pengukuhan adalah : (1) Konsolidasi internal kepengurusan, (2) Mendata SDM Peksos/Kessos se-provinsi, (3) Membangun jejaring dengan target sasaran Dinas Sosial Provinsi dan kota/kabupaten, (4) Meningkatkan eksistensi Pekerja Sosial melalui beberapa media seperti media sosial (5) Sosialisasiisasi IPSPI ke kota/kabupaten se-provinsi.

Shares

One Reply to “Musyawarah Daerah IPSPI Kalbar, Dalam Rangka Pembentukan DPD IPSPI Kalbar Tahun 2021”

  1. Sukses sebagai ketua terpilih semoga, DPD IPSPI Kalimantan Barat dapat berperan semakin menjadikan Pekerja Sosial Kalimantan Barat lebih Profesional dalam menangani Permasalahan Sosial untuk kedepanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *