Kadis Sosial Hadiri Lokakarya Sosialisasi dan Pembelajaran Pelaksanaan dan Percepatan Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kab. Kubu Raya

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Sosial tengah berupaya melakukan percepatan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Untuk itu, Dinas Sosial Kabupaten Kubu Raya pun menggelar Lokakarya Sosialisasi dan Pembelajaran Pelaksanaan dan Percepatan Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan menghadirkan seluruh camat, di Qubu Resort, pada Kamis 22 Oktober 2020.

Kepala Dinas Sosial Prov. Kalbar, Golda Marganda Purba SP., SH., MH yang juga berkesempatan menjadi salah satu pembicara menyampaikan bahwa tingkat kevalidtan dan keakuratan data DTKS sangat diperlukan oleh Pemerintah Daerah untuk menentukan Kebijakan Publik dalam Program Pengentasan Kemiskinan di daerah masing-masing.

“Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) juga sumber data yang di gunakan dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos), sehingga Dengan data yang benar–benar valid tentunya penyaluran bantuan untuk masyarakat akan lebih tepat sasaran”, ujarnya.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Sosial Prov. Kalbar juga menekankan untuk kabupaten dan kota segera memverifikasi dan validasi (Verivali) DTKS, karena dari pantauan Dinas Sosial Prov. Kalbar masih banyak Kabupaten dan kota yang  statusnya belum memverivali dan sebagian  masih on process serta finalisasi.

Kendala untuk kabupaten dan kota di lapangan adalah terbatasnya anggaran sedangkan kendala Dinas Sosial Prov. Kalbar adalah terbatasnya akses ke SIK NG.

 

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *