Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Tahun 2020

Rabu, 26 Februari 2020

Dalam rangka Sinergi dan Koordinasi Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial di Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Tahun 2020 pada tanggal 26-28 Februari 2020 yang bertempat di Hotel Gajahmada Jalan Gajah Mada Nomor 177-183 Pontianak.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Ibu Yuline Marhaeni, S.Sos, M.Si memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Kesejahteraan Sosial

Rapat Koordinasi dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Penyelenggaraan Rapat Koordinasi ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memantapkan pelaksanaan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial Tahun 2020, dan penyusunan rencana program tahun 2021, serta  penguatan kelembagaan dan sinergitas program antara Dinas Sosial Provinsi dan Dinas Sosial  Kabupaten /Kota dalam  menentukan arah Kebijakan Pembangunan Kesejahteraan Sosial yang mengacu pada  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi  2018 – 2023.

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menyatakan bahwa berbicara tentang urusan sosial dan kesejahteraan sosial harus semangat karena tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. memperhatikan dinamika permasalahan Kesejahteraan Sosial yang semakin kompleks dan cakupan wilayah yang sangat luas.  Seyogyanya penanganan Pembangunan Bidang Kesejahteraan Sosial menjadi perhatian Pemerintah dari semua tingkatan, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi sampai dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Oleh karena itu, perlu diselenggarakan kegiatan yang dapat memadupadankan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan Dinas Sosial Provinsi dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota agar tercapai sinkronisasi kegiatan secara menyeluruh dan komprehensif sebagai optimalisasi pencapaian program – program pembangunan Bidang Kesejahteraan Sosial yang menjadi bagian penting dari proses Pembangunan Kalimantan Barat.

Narasumber dalam Rakornis kali ini terdiri dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial RI terkait Integrasi Data dalam Penanggulangan Kemiskinan, Biro Perencanaan Kementerian Sosial RI,  serta Komisi V DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Narasumber Rakornis yang terdiri dari Kementerian Sosial RI, Biro Perencanaan Kementerian Sosial RI, serta Komisi V DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Rapat Koordinasi Teknis dihadiri oleh kurang lebih 58 peserta yang terdiri dari Bappeda dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Barat, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Barat, Pejabat di lingkungan Dinas Sosial Provinsi serta Lembaga Kesejahteraan Sosial mitra kerja Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat.

Peserta Rakornis yang terdiri dari Perwakilan Bappeda dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Barat, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalbar, Pejabat di lingkungan Dinas Sosial Provinsi serta Lembaga Kesejahteraan Sosial mitra kerja Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah diperolehnya kesatuan persepsi dan sinergitas dalam pelaksanaan program pembangunan kesejahteraan sosial antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, sehingga dapat terlaksana lebih tertib, transparan, akuntabel dan adanya peningkatan kinerja penanganan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Sesi Tanya Jawab Peserta Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Kesejahteraan Sosial

Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Tahun 2020 ditutup dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat serta perwakilan Bappeda dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Peserta Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Berfoto Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *