Fri. Nov 22nd, 2019

Kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Tahun 2019

Dalam rangka untuk melaksanakan pelayanan sosial bagi Penyandang Disabilitas oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk melaksanakan Program Rehabilitasi Sosial bagi Penyandang Disabilitas dengan kegiatan berupa Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) tahun 2019, kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat dengan bekerjasama pada Dinas Sosial Kabupaten Bengkayang untuk mewujudkan pelayanan langsung pada masyarakat Penyandang Disabilitas di 4 (empat) Kecamatan yaiitu : Kecamatan Bengkayang, Kecamatan Lumar, Kecamatan Sungai Betung dan Kecamatan Teriak.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas oleh dokter dan perawat kesehatan.
  2. Memberikan pelayanan konseling kondisi mental dan fisik Penyandang Disabilitas oleh psikolog
  3. Melaksanakan pendeteksi dini terhadap perkembangan dan pengaruh sosial bagi penyandang disabilitas oleh tenaga pekerja sosial sakti.

Dalam upaya motivasi dan pencerahan kemandirian penyandang disabilitas untuk dapat sejahtera dalam pengembangan diri secara mandiri dan merubah pola pikir dalam bentuk membangun kepercayaan untuk memberdaya potensi dan harapan hidup yang lebih maju.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Penyandang Disabilitas sebanyak 115 orang peserta ternyata lebih tiga orang dari target semula.
  2. Lokasi jangkauan di 4 (empat) Kecamata Bengkayang,Kecamatan Lumar, Kecamatan Sungai Betung dan Kecamatan Teriak di Kabupaten Bengkayang.
Peserta Penyandang Disabilitas
Tenaga Kesehatan Baik Dari Dokter Dan Perawat Sedang Memberikan Pelayanan Kesehatan Dan Pelayanan Konseling Kondisi Mental Dan Fisik Penyandang Disabilitas
Masyarakat Sangat Antusias Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Yang Diselenggarakan Oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat Bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bengkayang serta Tenaga Kesehatan

Hasil yang diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan UPSK tahun 2019, agar penyandang disabilitas supaya dapat lebih mandiri dan mebuka diri (inklusif) dalam lingkungan sosial maupun keluarga antara lain tentang memperhatikan kesehatan, meningkatkan kepercayaan diri (inklusif), dan dapat melakukan perbuat yang bermanfaat bagi penyandang disabilitas.

Sebagian Petugas Berfoto Bersama Dalam Kegiatan Pelayanan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *