Pelaksanaan Kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Di Toho Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019

Kampung siaga Bencana (KSB) adalah suatu model penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang diiniasi oleh Kemeterian Sosial bersama dengan masyarakat, kegiatan KSB dilaksanakan untuk mewadahi kegiatan penanggulangan bencana yang dilakukan oleh masyarakat, dibentuk didaerah rawan bencana dengan cara melibatkan seluruh elemen yang ada pada massyarakat.

Prinsip utama pelaksanaan Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah mengutamakan kemandirian masyarakat. Akan tetapi dukungan pihak-pihak lain yang berkepentingan dalam penanggulangan bencana seperti pemerintah dan pihak swasta masih tetap dibutuhkan guna memperkuat kelembagaan KSB di masyarakat. KSB yang di bentuk di Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah yang dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 4 Mei 2019 ini merupakan KSB yang ke 19 di Kalimantan Barat, dengan terbetuknya KSB ini diharapkan masyaraakat Toho  memahami tentang kesiapsiagaan bencana yang pada akhirnya dapat mengurangi resiko bencana (banjir) yang sering terjadi diwilayahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *