Sat. Jan 25th, 2020

Bimbingan Teknis Penerima Manfaat KUBE Kabupaten Sambas Tahun 2019

Bimbingan Teknis Penerima Manfaat KUBE Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin melalui Seksi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara yang diselenggarakan di Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas pada 18 Juni 2019 sampai dengan 20 Juni 2019, dengan mengikutsertakan sebanyak 90 orang penerima manfaat KUBE yang berasal dari dua Kecamatan yaitu Kecamatan Paloh dan Kecamatan Sajingan. Selain itu juga terdapat 2 orang narasumber yang berasal dari Dinas Sosial Provinsi yang dalam kesempatan ini disampaikan oleh Kasi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Tatik Gestyaningsih, A.Ks, M.Si serta Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Kalbar Drs. Anto Suharyo. Selain itu terdapat satu orang perwakilan narasumber dari Dinas Sosial Kabupaten Sambas yaitu Bapak Very.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan teoritis kepada para penerima manfaat KUBE agar mereka memilik pemahaman dalam menjalankan usaha serta memiliki pemahaman dalam melakukan manajerialisasi kelompok usaha yang mereka bentuk. Adapun hal inti yang disampaikan dalam bimbingan teknis penerima manfaat KUBE adalah sebagai berikut :

  1. Mengisi Buku Daftar Anggota Kelompok
  2. Mengisi Buku Tamu/Agenda Kelompok
  3. Mengisi Buku Kas/Keuangan
  4. Mengisi Buku Inventaris
  5. Mengisi Buku Iuran Kesetiakawan Sosial (IKS)
  6. Mengisi Buku Notulen Rapat

Selain itu para peserta penerima manfaat KUBE juga diberikan pemahaman mengenai pengembangan usaha yang telah mereka bentuk. Peserta penerima manfaat bantuan KUBE juga dihimbau untuk berperan aktif berkonsultasi dengan pendamping KUBE serta pihak Dinas Sosial Kabupaten Sambas khususnya untuk memperoleh arahan yang tepat dalam meningkatkan produktivitas usaha yang mereka bentuk. Angka kemiskinan di Kabupaten Sambas menjadi yang nomor satu di Kalimantan Barat, berdasarkan data BPS pada september 2018 angka kemiskinan Kabupaten Sambas mencapai 45.480 jiwa.

Oleh karena itu Kabupaten Sambas menjadi perhatian pemerintah melalui program-program penanggulangan kemiskinan. Jika melihat potensi alam di Kabupaten Sambas dapat dikatakan merupakan potensi alam yang besar apalagi jika dilihat dari aspek pariwisata. Tentu memiliki nilai jual bagi para wisatawan. Namun masalah yang dihadapi masih terlihat dari pembangunan sumber daya manusia, yang masih terhambat. Sehingga semakin berdampak pada tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Sambas.

Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Drs. Anto Suharyo sedang menyampaikan sambutan dihadapan para peserta Bimtek Penerima Manfaat KUBE Kabupaten Sambas

Dalam prosesnya, pelaksanaan Bimtek Penerima Manfaat KUBE di Kabupaten Sambas telah berjalan dengan baik, secara keseluruhan tidak ada kendala maupun masalah teknis lainnya. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh Camat Paloh. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Camat Paloh dan Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya Camat Paloh berpesan kepada para peserta untuk selalu berkomitmen dalam menjaga usaha yang telah dibentuk dan selalu melakukan konsultasi kepada para pendamping serta Dinas Sosial Kabupaten Sambas. Beliau juga mengatakan bahwa kecamatan khususnya siap untuk mendukung dan memfasilitasi segala kegiatan apapun yang dapat menunjang kemampuan dan keahlian para Penerima Manfaat KUBE, dengan tujuan agar program yang telah di realisasikan oleh pemerintah mencapai keberhasilan.

Camat Paloh (kiri pojok) didampingi oleh Kabid PFM Dinas Sosial Prov. Kalbar (kanan kedua dari pojok) menyerahkan Papan Nama KUBE dan Buku Pedoman KUBE kepada Peserta Penerima Manfaat KUBE Kab. Sambas

Selanjutnya setelah acara pembukaan dan penyerahan Papan Nama KUBE dan Buku Pedoman KUBE dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber yang berasal dari Dinas Sosial Kabupaten Sambas Bapak Very yang dipandu oleh Pendamping KUBE Bapak Irwan.

Narasumber Dinas Sosial Kab. Sambas Bapak Very sedang menyampaikan materi dihadapan para peserta Bimtek Penerima Manfaat KUBE Kab. Sambas

Selanjutnya setelah narasumber dari Dinas Sosial Kabupaten Sambas menyampaikan materi acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Seksi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Tatik Gestyaningsih, A.Ks, M.Si yang dipandu oleh Pendamping KUBE Bapak Irwan.

Kepala Seksi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Tatik Gestyaningsih, A.Ks, M.Si sedang menyampaikan materi Bimtek Penerima Manfaat KUBE Kabupaten Sambas

Materi yang disampaikan oleh Kepala Seksi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Tatik Gestyaningsih, A.Ks, M.Si menjadi materi terakhir dan sebelum acara ditutup peserta di minta untuk menandatangani Surat Pernyataan KUBE. Sebagai bentuk kesediaan dan perjanjian untuk melaksanakan dan menggunakan anggaran bantuan KUBE dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Ketua Kelompok menjadi perwakilan dalam penandatanganan Surat Pernyataan KUBE.

Peserta Bimbingan Teknis Penerima Manfaat KUBE yang dipandu oleh Dinas Sosial Provinsi dan Pendamping KUBE sedang menandatangani Surat Pernyataan KUBE Kabupaten Sambas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *