Sat. Jan 25th, 2020

Bimbingan Dan Pemantapan Pendamping KUBE Dinas Sosial Provinsi Kalbar Tahun 2019

Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Sosial KUBE merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di Grand Kartika Hotel yang berada di Jalan Rahadi Usman, Kota Pontianak pada tanggal 12 Juni 2019 sampai dengan 14 Juni 2019 dengan mengikutsertakan 34 orang peserta yang merupakan Pendamping Sosial yang lulus dalam seleksi pendamping KUBE yang telah dilaksanakan oleh Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin di empat Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sambas, Kabupaten Kayong Utara, dan Kota Singkawang. Sedangkan yang menjadi narasumber terdapat tiga orang yaitu Kabid PFM Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Kasi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Dinas Sosial Provinsi Kalbar, dan Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalbar.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan teoritis kepada para pendamping sosial KUBE agar mereka memilik pemahaman dan kompetensi yang diharapkan dalam melakukan pendampingan maupun pembinaan bagi Masyarakat Penerima Manfaat Bantuan Sosial KUBE. Pendamping KUBE harus memiliki kemampuan untuk menjadi fasilitator, mediator, advokator dan evaluator dalam pelaksanaan pendampingan. Selain itu, para pendamping sosial KUBE juga harus memiliki kemampuan manajerial serta kemampuan komunikasi dan kerjasama dengan berbagai instansi terkait untuk membantu dalam melaksanakan pemberdayaan bagi masyarakat penerima bantuan sosial KUBE.

Pendamping Sosial KUBE yang sedang mengikuti agenda Bimbingan dan Pemantapan Pendamping KUBE Tahun 2019

Pelaksanaan Bimbingan dan Pemantapan Pendamping KUBE ini telah berjalan dengan baik, acara dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dibuka oleh pembawa acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara diawali dengan pembacaan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Panitia yaitu Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Drs. Anto Suharyo.

Kepala Bidang PFM Drs. Anto Suharyo sedang menyampaikan laporan kegiatan Bimbingan dan Pemantapan Pendamping KUBE tahun 2019

Setelah laporan kegiatan disampaikan acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat Yuline Marhaeni, S.Sos, M.Si sekaligus membuka acara Bimbingan dan Pemantapan Pendamping KUBE tahun 2019.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar sedang menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Bimbingan dan Pemantapan Pendamping KUBE tahun 2019

Setelah sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, acara pun ditutup dengan doa yang disampaikan oleh M.Sodikin selaku staf Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat.

Pembacaan Doa yang disampaikan oleh A.Sodikin

Setelah acara pembukaan ditutup acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Seksi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Tatik Gestyaningsih, A.Ks, M.Si yang dipandu oleh moderator Rasito, S.Sos.

Penyampaian materi oleh Kasi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Tatik Gestyaningsih, A.Ks, M.Si

Setelah materi disampaikan oleh Kasi PFM Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara acara dilanjutkan setelah ishoma dengan pemateri kedua yaitu oleh Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalbar Nuraini, SH, M.Si.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalbar Nuraini, SH, M.Si sedang menyampaikan materi dihadapan para Pendamping KUBE

Materi terakhir disampaikan oleh Kabid PFM Dinas Sosial Provinsi Kalbar Drs. Anto Suharyo. Materi ini sekaligus menutup acara Bimbingan dan Pemantapan Pendamping KUBE tahun 2019.

Kabid PFM Dinas Sosial Provinsi Kalbar Drs. Anto Suharyo sedang menyampaikan materi dihadapan Pendamping KUBE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *