Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM)

Wahana kesejahteraan sosial berbasis masyarakat (WKSBM) adalah sistem kerja sama antar keperangkatan pelayanan sosial di akar rumput yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang dibentuk dan dikembangkan oleh masyarakat pada tingkat lokal dalam pelaksanaan tugas dibidang uks(kepmensos.42/2004).

Tujuan WKSBM :

  1. Menguatnya jaringan kerja sama
  2. Tumbuh dan meningkatnya peran masyarakat
  3. Tercegah dan tertanganinya masalah kesos, terdayagunakan potensi dan sumber secara melembaga dan berkelanjutan.

Startegi penyelenggaraan :

  1. Identifikasi jaringan/kerja sama yang ada
  2. Pengembangan jaringan kemitraan
  3. Mengembangkan partisipasi sosial
  4. Advokasi sosial
  5. Pelembagaan sistem kerja sama berkelanjutan

FORMAT PELAYANAN PUBLIK SESUAI DENGAN PERMENPAN REFORMASI BIROKRASI NO. 15 TH 2015

1.Produk : Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM)
2. Prosedur : Dinas Sosial Kab/kota  —— > Prov. Koordinator
3. Waktu pelaksanaan : 1 s/d 2 Hari
4. Biaya/Tarif : Tidak Ada
5.Persyaratan :
6.Pengelolaan/Pengaduan : Bimbingan Teknis(BIMTEK)
7.Jumlah : 20 WKSBM Kab/Kota

Prosedur Mendirikan Karang Taruna :

  1. Adanya visi dan misi karang taruna
  2. Pengurus karang taruna desa/kelurahan yang di syahkan dan dikukuhkan oleh kepala desa atau lurah dengan masa bakti 3(tiga) tahun
  3. Kepengurusan karang taruna menganut sistem stesel pasif yaitu seluruh anggota masyarakat berusia 13 sampai 45 tahun yang ada di desa/kelurahan merupakan karang taruna
  4. Identitas karang taruna
  5. Srtuktur karang taruna
  6. Tujuan dan fungsi karang taruna
  7. Tugas pokok karang taruna
  8. Struktur organisasi karang taruna
  9. Mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga
  10. Mempunyai program kerja

Keterangan :

  • jumlah Karang Taruna di 14 kab/kota sebanyak 515 karang taruna
  • Data tersebut sewaktu-waktu akan berubah disesuaikan dengan kondisi

Prosedur Pendirian Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (Lk.3) Tahun 2019 :

  • LK.3 DAPAT DI DIRIKAN OLEH PEMERINTAH DAN MASYARAKAT (TERMASUK DUNIA USAHA , LSM)
  • PERSYARATAN PEMBENTUKAN LK.3 ADALAH :
    1. Memiliki legalitas formal
    2. Memiliki stuktur organisasi
    3. Memiliki kepengurusan
    4. Memiliki program kerja
    5. Memiliki SDM standar kopetensi
    6. Memiliki kelengkapan pendukung antara lain : administrasi , sarana dan prasarana , papan nama , petunjuk lokasi , representatif .
    7. Memiliki sumber pembiayaan

FORMAT PELAYANAN PUBLIK SESUAI DENGAN PERMENTAN REFORMASI BIROKRASI NO.15 TAHUN 2015

1. Produk

2. Prosedur

3. waktu pelayanan

4. biaya/tarif

5. persyaratan

6. pengelolaan pengaduan

7. jumlah

:

:

:

:

:

:

:

Lembaga konsultasi kesejahteraan keluarga

Dinas sosial kab/kota ———->prov.koordinator

1 s/d 2 hari

Tidak ada

Terlampir

14 kab/kota

Syarat-Syarat Pendaftaran Organisasi Sosial/Yayasan :

  1. Memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga
  2. Organisasi sosial yang sudah di bentuk harus di syahkan berdasarkan akta notaris
  3. Mengajukan permohonan untuk di daftarkan kepada kepala dinas sosial prov.kalbar , dengan mengisi formulir yang telah di sediakan dinas/kantor sosial kab./kota yaitu :
  4. Melampirkan :
  • Rekomendasi dari kades/lurah dan camat setempat di mana lokasi organisasi sosial berdomisili;
  • Rekomendasi dari BKKKS/KKS,Dinas/Kantor sosial kab/kota dan rekomendasi bupati/walikota setempat;
  • Program kerja jangka panjang dan jangka pendek
  • Daftar/data lengkap/anak asuh/kelayan yang sedang atau akan di santuni;
  • Daftar susunan pengurus lengkap dengan alamatnya
  • Dokumentasi pelayanan klien/anak asuh

FORMAT PELAYANAN PUBLIK SESUAI DENGAN PERMENTAN REFORMASI BIROKRASI NO.15 TAHUN 2015

1.       Produk

2.       Prosedur

 

3.       Waktu pelayanan

4.       Biaya/tarif

5.       Persyaratan

6.       Pengelolaan pengaduan

7.       jumlah

:

:

 

:

:

:

:

:

 

ORSOS YAYASAN

Izin operasional rekomendasi dinas sosial

Kab/kota dan rekomendasi dari BK3S

1 s/d 2 hari (surat sudah jadi )

Tidak ada

Terlampir

Orsos/yayasan sebanyak 228 kab/kota

STANDAR PELAYANAN PUBLIK REKOMENDASI UGB/PUB DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2008

Keterangan :

1.        Produk

2.       Prosedur

3.       Waktu pelayanan

4.       Biaya/tarif

5.       Persyaratan

6.        Pengelolaan Pengaduan

7.       Jumlah

:

:

:

:

:

:

:

 

 

UGB/PUB

Dinas sosial kab/kota —–>prov.KOORDINATOR

1 s/d 2 hari

Tidak ada

Terlampir

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *